Gelombang Elektromagnetik

              I.      PENDAHULUAN

 

Kemajuan teknologi saat ini semakin meningkat berikut dalam penggunaan gelombang elekromagnetik dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti apakah gelombang elektromagnetik, apa contoh gelombang elektromagnetik itu?
Gelombang elektromagnetik sebenarnya selalu ada disekitar kita, salah satu contohnya adalah sinar matahari, gelombang ini tidak memerlukan medium perantara dalam perambatannya. Contoh lain adalah gelombang radio. Tetapi spektrum gelombang elektromagnetik masih terdiri dari berbagai jenis gelombang lainnya, yang dibedakan berdasarkan frekuensi atau panjang gelombangnya. Untuk itu disini kita akan mempelajari tentang rentang spektrum gelombang elektromagnetik, karakteristik khusus masing-masing gelombang elektromagnetik di dalam spectrum dan contoh dan penerapan masing-masing gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

            II.      KAJIAN PUSTAKA

 

GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK

 

Gelombang Elektromagnetik adalah gelombang yang dapat merambat  walau tidak ada medium. Energi elektromagnetik merambat dalam gelombang dengan beberapa karakter yang bisa diukur, yaitu: panjang gelombang/wavelength, frekuensi, amplitude/amplitude, kecepatan. Amplitudo adalah tinggi gelombang, sedangkan panjang gelombang adalah jarak antara dua puncak. Frekuensi adalah jumlah gelombang yang melalui suatu titik dalam satu satuan waktu. Frekuensi tergantung dari kecepatan merambatnya gelombang. Karena kecepatan energi elektromagnetik adalah konstan (kecepatan cahaya), panjang gelombang dan frekuensi berbanding terbalik. Semakin panjang suatu gelombang, semakin rendah frekuensinya, dan semakin pendek suatu gelombang semakin tinggi frekuensinya.

Energi elektromagnetik dipancarkan, atau dilepaskan, oleh semua masa di alam semesta pada level yang berbedabeda. Semakin tinggi level energi dalam suatu sumber energi, semakin rendah panjang gelombang dari energi yang dihasilkan, dan semakin tinggi frekuensinya. Perbedaan karakteristik energi gelombang digunakan untuk mengelompokkan energi elektromagnetik.

Ciri-ciri gelombang elektromagnetik :
Dari uraian tersebut diatas dapat disimpulkan beberapa ciri gelombang elektromagnetik adalah sebagai berikut:

1.      Perubahan medan listrik dan medan magnetik terjadi pada saat yang bersamaan, sehingga kedua medan memiliki harga maksimum dan minimum pada saat yang sama dan pada tempat yang sama.

2.      Arah medan listrik dan medan magnetik saling tegak lurus dan keduanya tegak lurus terhadap arah rambat gelombang.

3.      Dari ciri no 2 diperoleh bahwa gelombang elektromagnetik merupakan gelombang transversal.

4.      Seperti halnya gelombang pada umumnya, gelombang elektromagnetik mengalami peristiwa pemantulan, pembiasan, interferensi, dan difraksi. Juga mengalami peristiwa polarisasi karena termasuk gelombang transversal.

5.      Cepat rambat gelombang elektromagnetik hanya bergantung pada sifat-sifat listrik dan magnetik medium yang ditempuhnya.

Cahaya yang tampak oleh mata bukan semata jenis yang memungkinkan radiasi elektromagnetik. Pendapat James Clerk Maxwell menunjukkan bahwa gelombang elektromagnetik lain, berbeda dengan cahaya yang tampak oleh mata dalam dia punya panjang gelombang dan frekuensi, bisa saja ada. Kesimpulan teoritis ini secara mengagumkan diperkuat oleh Heinrich Hertz, yang sanggup menghasilkan dan menemui kedua gelombang yang tampak oleh mata yang diramalkan oleh Maxwell itu. Beberapa tahun kemudian Guglielmo Marconi memperagakan bahwa gelombang yang tak terlihat mata itu dapat digunakan buat komunikasi tanpa kawat sehingga menjelmalah apa yang namanya radio itu. Kini, kita gunakan juga buat televisi, sinar X, sinar gamma, sinar infra, sinar ultraviolet adalah contoh-contoh dari radiasi elektromagnetik. Semuanya bisa dipelajari lewat hasil pemikiran Maxwell.

 

 

 SUMBER GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK

  1. Osilasi listrik.
  2. Sinar matahari menghasilkan sinar infra merah.
  3. Lampu merkuri menghasilkan ultra violet.
  4. Penembakan elektron dalam tabung hampa pada keping logam menghasilkan sinar X (digunakan untuk rontgen).

Inti atom yang tidak stabil  menghasilkan sinar gamma.

 

SPEKTRUM GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK

Susunan semua bentuk gelombang elektromagnetik berdasarkan panjang gelombang dan frekuensinya disebut spektrum elektromagnetik. Gambar spectrum elektromagnetik di bawah disusun berdasarkan panjang gelombang (diukur dalam satuan _m) mencakup kisaran energi yang sangat rendah, dengan panjang gelombang tinggi dan frekuensi rendah, seperti gelombang radio sampai ke energi yang sangat tinggi, dengan panjang gelombang rendah dan frekuensi tinggi seperti radiasi X-ray dan Gamma Ray.

 

Contoh spektrum elektromagnetik

 

Gelombang Radio

Gelombang radio dikelompokkan menurut panjang gelombang atau frekuensinya. Jika panjang gelombang tinggi, maka pasti frekuensinya rendah atau sebaliknya. Frekuensi gelombang radio mulai dari 30 kHz ke atas dan dikelompokkan berdasarkan lebar frekuensinya. Gelombang radio dihasilkan oleh muatan-muatan listrik yang dipercepat melalui kawat-kawat penghantar. Muatan-muatan ini dibangkitkan oleh rangkaian elektronika yang disebut osilator. Gelombang radio ini dipancarkan dari antena dan diterima oleh antena pula. Kamu tidak dapat mendengar radio secara langsung, tetapi penerima radio akan mengubah terlebih dahulu energi gelombang menjadi energi bunyi.

  

Gelombang mikro

Gelombang mikro (mikrowaves) adalah gelombang radio dengan frekuensi paling tinggi yaitu diatas 3 GHz. Jika gelombang mikro diserap oleh sebuah benda, maka akan muncul efek pemanasan pada benda itu. Jika makanan menyerap radiasi gelombang mikro, maka makanan menjadi panas dalam selang waktu yang sangat singkat. Proses inilah yang dimanfaatkan dalam microwave oven untuk memasak makanan dengan cepat dan ekonomis.

Gelombang mikro juga dimanfaatkan pada pesawat RADAR (Radio Detection and Ranging) RADAR berarti mencari dan menentukan jejak sebuah benda dengan menggunakan gelombang mikro. Pesawat radar memanfaatkan sifat pemantulan gelombang mikro. Karena cepat rambat glombang elektromagnetik c = 3 X 108 m/s, maka dengan mengamati selang waktu antara pemancaran dengan penerimaan.

 
Sinar Inframerah

Sinar inframerah meliputi daerah frekuensi 1011Hz sampai 1014 Hz atau daerah panjang gelombang 10-4 cm sampai 10-1 cm. jika kamu memeriksa spektrum yang dihasilkan oleh sebuah lampu pijar dengan detektor yang dihubungkan pada miliampermeter, maka jarum ampermeter sedikit diatas ujung spektrum merah. Sinar yang tidak dilihat tetapi dapat dideteksi di atas spektrum merah itu disebut radiasi inframerah.
Sinar infamerah dihasilkan oleh elektron dalam molekul-molekul yang bergetar karena benda diipanaskan. Jadi setiap benda panas pasti memancarkan sinar inframerah. Jumlah sinar inframerah yang dipancarkan bergantung pada suhu dan warna benda. 

 

Cahaya tampak

Cahaya tampak sebagai radiasi elektromagnetik yang paling dikenal oleh kita dapat didefinisikan sebagai bagian dari spektrum gelombang elektromagnetik yang dapat dideteksi oleh mata manusia. Panjang gelombang tampak nervariasi tergantung warnanya mulai dari panjang gelombang kira-kira 4 x 10-7 m untuk cahaya violet (ungu) sampai 7x 10-7 m untuk cahaya merah. Kegunaan cahaya salah satunya adlah penggunaan laser dalam serat optik pada bidang telekomunikasi dan kedokteran.


Sinar ultraviolet 

Sinar ultraviolet mempunyai frekuensi dalam daerah 1015 Hz sampai 1016 Hz atau dalam daerah panjang gelombagn 10-8 m 10-7 m. gelombang ini dihasilkan oleh atom dan molekul dalam nyala listrik. Matahari adalah sumber utama yang memancarkan sinar ultraviolet dipermukaan bumi,lapisan ozon yang ada dalam lapisan atas atmosferlah yang berfungsi menyerap sinar ultraviolet dan meneruskan sinar ultraviolet yang tidak membahayakan kehidupan makluk hidup di bumi.


Sinar X 

Sinar X mempunyai frekuensi antara 10 Hz sampai 10 Hz . panjang gelombangnya sangat pendek yaitu 10 cm sampai 10 cm. meskipun seperti itu tapi sinar X mempunyai daya tembus kuat, dapat menembus buku tebal, kayu tebal beberapa sentimeter dan pelat aluminium setebal 1 cm.    

 
Sinar Gamma

Sinar gamma mempunyai frekuensi antara 10 Hz sampai 10 Hz atau panjang gelombang antara 10 cm sampai 10 cm. Daya tembus paling besar, yang menyebabkan efek yang serius jika diserap oleh jaringan tubuh. 

 

Contoh penerapan gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari :

  1.  
    1. Radio

Radio energi adalah bentuk level energi elektromagnetik terendah, dengan kisaran panjang gelombang dari ribuan kilometer sampai kurang dari satu meter. Penggunaan paling banyak adalah komunikasi, untuk meneliti luar angkasa dan sistem radar. Radar berguna untuk mempelajari pola cuaca, badai, membuat peta 3D permukaan bumi, mengukur curah hujan, pergerakan es di daerah kutub dan memonitor lingkungan. Panjang gelombang radar berkisar antara 0.8 – 100 cm.

  1.  
    1. Microwave

Panjang gelombang radiasi microwave berkisar antara 0.3 – 300 cm. Penggunaannya terutama dalam bidang komunikasi dan pengiriman informasi melalui ruang terbuka, memasak, dan sistem PJ aktif. Pada sistem PJ aktif, pulsa microwave ditembakkan kepada sebuah target dan refleksinya diukur untuk mempelajari karakteristik target. Sebagai contoh aplikasi adalah Tropical Rainfall Measuring Mission’s (TRMM) Microwave Imager (TMI), yang mengukur radiasi microwave yang dipancarkan dari Spektrum elektromagnetik Energi elektromagnetik atmosfer bumi untuk mengukur penguapan, kandungan air di awan dan intensitas hujan.

  1.  
    1. Infrared

Kondisi-kondisi kesehatan dapat didiagnosis dengan menyelidiki pancaran inframerah dari tubuh. Foto inframerah khusus disebut termogram digunakan untuk mendeteksi masalah sirkulasi darah, radang sendi dan kanker. Radiasi inframerah dapat juga digunakan dalam alarm pencuri. Seorang pencuri tanpa sepengetahuannya akan menghalangi sinar dan menyembunyikan alarm. Remote control berkomunikasi dengan TV melalui radiasi sinar inframerah yang dihasilkan oleh LED ( Light Emiting Diode ) yang terdapat dalam unit, sehingga kita dapat menyalakan TV dari jarak jauh dengan menggunakan remote control.

 

d.      Ultraviolet

 

Sinar UV diperlukan dalam asimilasi tumbuhan dan dapat membunuh kuman-kuman penyakit kulit.

 

e.      Sinar X

 

Sinar X ini biasa digunakan dalam bidang kedokteran untuk memotret kedudukan tulang dalam badan terutama untuk menentukan tulang yang patah. Akan tetapi penggunaan sinar X harus hati-hati sebab jaringan sel-sel manusia dapat rusak akibat penggunaan sinar X yang terlalu lama.

   

 

          III.      KESIMPULAN

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa begitu besar peranan gelombang elektromagnetik yang bermanfaat dalam kehidupan kita sehari-hari, tanpa kita sadari keberadaannya.

Spektrum elektromagnetik adalah rentang semua radiasi elektromagnetik yang mungkin. Spektrum elektromagnetik dapat dijelaskan dalam panjang gelombang, frekuensi, atau tenaga per foton. Spektrum ini secara langsung berkaitan :

    * Panjang gelombang dikalikan dengan frekuensi ialah kecepatan cahaya: 300 Mm/s, yaitu 300 MmHz

    * Energi dari foton adalah 4.1 feV per Hz, yaitu 4.1µeV/GHz

    * Panjang gelombang dikalikan dengan energy per foton adalah 1.24 µeVm

Spektrum elektromagnetik dapat dibagi dalam beberapa daerah yang terentang dari sinar gamma gelombang pendek berenergi tinggi sampai pada gelombang mikro dan gelombang radio dengan panjang gelombang sangat panjang. Pembagian ini sebenarnya tidak begitu tegas dan tumbuh dari penggunaan praktis yang secara historis berasal dari berbagai macam metode deteksi. Biasanya dalam mendeskripsikan energi spektrum elektromagnetik dinyatakan dalam elektronvolt untuk foton berenergi tinggi (di atas 100 eV), dalam panjang gelombang untuk energi menengah, dan dalam frekuensi untuk energi rendah (? = 0,5 mm). Istilah “spektrum optik” juga masih digunakan secara luas dalam merujuk spektrum elektromagnetik, walaupun sebenarnya hanya mencakup sebagian rentang panjang gelombang saja (320 – 700 nm)[1].

Dan beberapa contoh spektrum elektromagnetik seperti :

Radar

(Radio Detection And Ranging),digunakan sebagai pemancar dan penerima gelombang.

Infra Merah

Dihasilkan dari getaran atom dalam bahan dan dimanfaatkan untuk mempelajari struktur molekul

Sinar tampak

mempunyai panjang gelombang 3990 Aº – 7800 Aº.

Ultra ungu

dimanfaatkan untuk pengenalan unsur suatu bahan dengan teknik spektroskopi.

 

Komentar
  1. abian berkata:

    good job girl, i take your article
    thanks ya

  2. vonz berkata:

    Spektrum GEM:
    kegunaannya ga lengkap..
    frekuensinya juga ga tepat..
    kurang mendetail..
    anyway thx info ny..
    cukup membantu kok..
    ..^-^..

  3. Esther berkata:

    Artikel yang cukup baik, mungkin bisa ditambahkan tentang segi negatif tentang gelombang elektromagnetik terutama terhadap kesehatan mahluk hidup yang sering terkena gelombang ini.. thanks

  4. Zomi berkata:

    thx atas infonya membantu banget…
    >_<

  5. tiwiiiii berkata:

    thankss yoooooo…
    ngebantu banget lhoooo

  6. cesis berkata:

    asw..
    kalo gelombang elektromagnetik tu energi bukan??
    trus kalo bukan,hubungannya gelombang elektromagnetik n energi apa??

    ditunggu yaa jawabannya..
    thx b4.. ^^

    • ishida berkata:

      ga bisa bukan….

      gelombang radio bukannya gelombang elektromagnet…. beda kan sama Energi Listrik… Energi listrik mengnandung muatan elektron…

      klo energi magnet ga kan…???

  7. Kid berkata:

    Menurut Teori, bisa ga ???
    Klo Energi Listrik di transmisikan melalui Gelombang Radio ???
    klo bisa, minimal Qta bisa Charge HP (Ponsel) kita hanya dengan memilih Frekwensi Radio tertentu aja, bayangkan begitu Simpel, Nirkabel & Green 🙂

  8. New_Sun berkata:

    kbtuln.. agy ad tugas fisika ttg ini.. hhe..
    saiia mnta iiah..
    thx bged.. ^o^b

  9. millie_ berkata:

    makasih bgtz, coz, tugas dr skolahku bs slesai dgn cepet. A_-

  10. Tebrenarum berkata:

    wew, cukup lengkap,
    thx yawh^^

  11. Ina Medyana berkata:

    makasih bgt ya, meringankan tugas gue hehe terus aja ky gini hehe

  12. lutphi berkata:

    twengkyuu
    sangat berguna buat dasar teori praktikum saia
    hehe

  13. kura_f@ berkata:

    thanks ya…
    artikelx berguna bgt untuk tugas sekolah………..^_^

  14. rizka berkata:

    tengs bangett info nyaa ! et hhe

  15. HAns M-arg berkata:

    THank’s for your help’s guys

  16. jihan berkata:

    artikelnya membantu bgt

  17. putri berkata:

    thanks anyway ngebantu banget

  18. democrazy7ack berkata:

    artikel yang baik,,,,, tapi kurang panjang……. hehehe

    mungkin bisa dikembangkan lagi menjadi lebih baik …..

  19. deas berkata:

    makasih
    maturnuwun

  20. isla berkata:

    lebih bagus klo dkasi gambar…
    tp cukup membantu. thanks z….

  21. Farid Izzuddin berkata:

    OooOOOooooO thanks yach kalo ngak ada ini gw di omelin guru gw ………… hahahahahahahahahah

  22. Zuula berkata:

    Thx y bwat infonya!! membantu bgt

  23. agy berkata:

    Thx ya …. artikelny… lumayan nambah2 dikid.

  24. uwe berkata:

    thanks bgt atas infonya
    tapi klo bisa tambah artikel tentang sejarahnya ya . . . .

  25. dean berkata:

    tnnx infox,,,pas ma yg w cari,,

  26. van berkata:

    mksh infonyaa..
    ckp membantu…
    mksh bgtt yaa…!!!
    🙂

  27. danz ^^ berkata:

    yupz.. thx 4 your info. but need more article

  28. dio berkata:

    thxzz…
    tgas gw klar gr2 lo….

  29. nengg yenni berkata:

    makasih banyak yia ..
    tulisan kamu sngat membantu aku dalam menyelesaikan tugas fisika ku .

    terima kasih banyak :))

  30. hani berkata:

    Thank 4 ur article…

  31. Intifada berkata:

    Artikel yang sangat bermanfaat sekali bagi ilmu pengetahuan, terima kasih.

  32. sparkling berkata:

    thx banget buat artikelnya . ^^

  33. aulia berkata:

    thanks bangett ;D
    ini sangat membantu tugas ku
    sekali lagi thank you very much 🙂

  34. anggun berkata:

    danke schon yh

  35. Dharma berkata:

    Sssssssangatttttttttt……..
    membantu BGTTTTTTTT……….

  36. haibara berkata:

    thank’s yaa sangat membantu tgs gw tp gel mekanik klo bisa juga donk! makasih!

  37. aku berkata:

    waw lumayan

  38. Beno berkata:

    terima kasih banyak, tugas gue kelar juga
    ada artikel lain ga tentang gelombang?

  39. adit berkata:

    kasi tau contoh aplikasi gelombang radio dan frekuensinya dunk..

  40. Ichiba berkata:

    thank’s sister.

  41. Chito berkata:

    Senangnya bisa copy paste….
    thx

  42. rafael berkata:

    Mantab..!!!

  43. rambo berkata:

    makasih bnyk

  44. ZXN berkata:

    numpang cop cop yah!

  45. tHu bAy berkata:

    Goud for impormatioN,
    thx

  46. nakif berkata:

    makasihh yaaaaaaaaaa;;;;;

  47. Mita berkata:

    isinya bgus…
    bsa mmbntu sya yg msih pmula untuk blajar fisika… thanks

  48. Irtya berkata:

    Makasih. Info-nya ngebantu banget, 😀
    Selesai deh tugas fisikanya…:)

  49. mr.hacker berkata:

    gelombang em tuh gelombang yg dlm arah rambatannya memerlukan medium atau perantara

  50. djezy berkata:

    omooo ..
    tengs so ..
    i copy ur article 😄

  51. rena berkata:

    tx yaw atas artikelnya

  52. saila arimy berkata:

    kurang gambar2 nya… klo ada gambarnya juga,, gw tinggal copy paste aja ertikel lo untuk tugas fisika gw… hehehe
    😀

  53. suci.w berkata:

    makasi ya infonya,,sangat membantu*thumbs*

  54. hiroi berkata:

    makasih ya, artikelnya membantu ^^

  55. Khalish berkata:

    makasih banyak yach..
    atas artikelnya……………..

  56. reyno berkata:

    thanx ya dah bantuin buat tugas he he

  57. Gaby berkata:

    thx….kegunaannya lengkap. Ngubek ke mana – mana, kegunaannya dikit banget. Eh, taunya nongol banyak di sini. 🙂

  58. upi berkata:

    wooow pas banget sama yg lagi dicari. makasiiih banget ya.

  59. Faisal Yusuf Ananda berkata:

    terima kasih artikelnya

  60. E-bi3 berkata:

    Artikel’a lngkap buangggettttt….
    Membantu tugas Q sekaliiiiii
    Thank’s yaaaaa

  61. firda sergeevna berkata:

    yampunn ..
    thx bangettt ya .
    ku butuh sangaaaaaatttt nihh 😀

    mkasii ya..
    🙂

  62. ilham berkata:

    keren nih artikelnya.
    thank’s ya udah nyediain pelajaran ini.

  63. Budi berkata:

    EMC= EMI & EMS
    tp banykin EMS thanks

  64. intan_nies berkata:

    mkasiih aricle nya, sengat membantu..
    succes yhh ^_^

  65. Sarwiati berkata:

    ApLiKaSi dR geLOmBaNg eLeKtRoMaGnEtIk iT aP2 AJ yAcH…? TLg bAnTuAnX d0ng! 2 aJ uDh cUkUp KOk!

  66. machfudi berkata:

    ass.wr.wb saya masih bersyukur diberi sehat dan kalian semua aku mengharap semoga penyakit tidak menghampiri kalian dan aku menulis judul sinar gamma atau ultra violet karena tempat tinggal saya dekat pabrik kimia dan bakat saya seniman lukis tentunya kalau ilmu kimia tentunya saya buta tapi sedikit dari membaca memang saya dari dulu suka membaca sekian. wassallam

  67. devi berkata:

    thaaanks bantuuuu banget !

  68. Nindi berkata:

    Wahh.. Makasih banyak buat info dan bahannya.
    Saya jadi terbantu mengerjakan tugasnya.
    -nindi-

  69. imaisfree berkata:

    thx bgt eeeeeh….. membantu tugasku bikin makalah

  70. ナビラ berkata:

    nice info, thank you 🙂

  71. destra berkata:

    thanks 4 your article 😀 it helps me to make my project

  72. lovelaners berkata:

    thx vo your info y say… ^_^
    i take your article … 🙂

  73. erNa sadewa permata berkata:

    ihh ndax lenGkap,,
    ciri2, kegunaan dan penerapan sinar gama manA???
    tp, seBElum’a terima kasih, hatur nuhun, bite, syukron,and thank you za. ^_^

  74. nurjanH berkata:

    TAHANK YOUUUUUUUU MUAH2….

  75. gitta berkata:

    thank’s ya atas infonya
    bermanfaat banget ni,, tugas jadi cepat selasai nih,, good deh pokoknya

  76. ariya berkata:

    aduhhh.. sippp dehh :))
    kerenn abis . buat tugas fisika w!!

    makassiiiii ia:)))

  77. Khucing FX berkata:

    yoo…………thanks…lengkep kale…<3

  78. hass_na berkata:

    thanx!!!!!!!!

  79. Princess berkata:

    apaan nih? makalah yah?
    JELEK banget!

    Pantasnya dibilang MAKALAH SAMPAH
    nggak memenuhi syarat pembuatan makalah sama sekali!

    dimana Landasan Teori mu?
    nggak usah posting deh kalo nggak bisa!

  80. desyta berkata:

    thx bgtz .. ats jasa mu .

  81. cikz berkata:

    kalau jenis gelombang elektromagnetik???????????

  82. aziz berkata:

    Nice had already told the story
    you do best

  83. adit berkata:

    thanks bgt artikelnya…

  84. Ninzhucan berkata:

    om maaf saya copas artikel nya buat tugas adek saya .. .. ..
    makasih ya atas posting artikel nya ^_^

  85. ina berkata:

    Makasih ya…

  86. temy berkata:

    terima kasih

  87. ask man berkata:

    thnks membantu bgt

  88. pepeng berkata:

    makasihhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

  89. teguhsasmitosdp1 berkata:

    Terima kasih materinya. mudah-mudahan bisa berbagi pakai dan berbagi informasi. salam kenal dari saya http://www.teguhsasmitosdp1.wordpress.com

  90. tifani berkata:

    thank you 🙂

  91. Gami berkata:

    hatur nuhun bray…

  92. fiqih ayu berkata:

    thanks ya……. artikelnya sangat membantu banget

  93. fiqih ayu berkata:

    thanks banget buat artikelnya krn membantu banget buat tugas q yang udah numpuk banget dan gak bisa diatasi

  94. Sandi berkata:

    permisi mau nanya, kalau sumber sinar atau gelombang radioaktif gamma dalam kehidupan sehari-hari itu contohnya apa ya yang paling simpel???

  95. hanif berkata:

    mator sakalangkong lala wassalamualaikum……………

  96. hanif berkata:

    iyalaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

  97. puput berkata:

    mksh info x ya….

  98. nessa berkata:

    yang lebih detail nya donk…..
    bwt sma kls XII ipa…….
    spt rumus2 k’…….
    apa lah gitu….

  99. bim berkata:

    sip sip. tnks infonya

  100. chele berkata:

    thx banget artikelnya! bner2 ngejawab yg lg aku cari2.. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s