Learning Nihongo

Posted: Agustus 12, 2008 in Uncategorized

Learning Nihongo

Minnasaaaan…

Ogenki desu ka ????

Ini nih kata-kata yang paling mudah dihafal kaum muda sekarang! Akhir-akhir ini banyak remaja Indonesia yang ngebet banget tuh sama negara Jepang ! Why ??

Fuuh~

Jawabannya udah pasti, tak lain dan tak bukan karena KOMIK n ANIME yang seru abisssss (bukan abis lho serunya…)… Komik-komik atau anime ituh menampilkan budaya, kebiasaan, keseharian, keindahan, kebersihan, kerajinan, pokoknya ‘ke-ke’annya orang Jepang deh !!!!!! Apalagi sekolah-sekolah di sana yang udah pasti bikin kita ‘ngiler’, baik dari segi lokasi, sistem pendidikan, kebersihan, seragam, tak terkecuali ‘cowok2 + cewek2’ yang ‘kece-kece’

Haghaghaghag…

Bikin penasaran kan gimana rasanya tinggal di Jepang ???

Mandi di Ofuro ????

Makan takoyaki ???

But, sebelum memikirkan hal2 di luar angan2 tak terkendali alias khayalan tingkat tinggi tuh, kita mesti mikirin nih, usaha2 buat bisa sampai di sana! Uang emank hal utama, tapi kalo udah bisa nyampe sana tapi ngga bisa ngapa2in karena ngga bisa bahasa Jepang ?? Ntar diketawain ayam Jepang tuh, ‘petok…petokk…’ (translate:“eiii… ada orang kaya tapi blo’on…”)

Euchh…

Jauh lebih baik belajar2 dulu deh, biar dikit, yang penting tau lah !!!

Ntar kalo uda ‘mentogks’ alias ‘tagh bisah apah-apah’ baru… bawa ajahh translator ke Jepang… n_n

Biar bawa translator juga harus tau salam2 dasar lho… Soalnya orang Jepang tuh paling suka mengucapkan salam. Daripada ntar dibilang sombong??

Ini beberapa salam yang saya tahu, moga berguna yahh..^^

First, salam-salam umum …

  • Ohayou gozaimasu : Good morning
  • Konnichiwa : Good afternoon
  • Konbanwa : Good evening
  • Arigatoo : Thank you
    • Dooitashimashite : You’re welcome
  • Hai : Yes
  • Iie : No
  • Ogenki desu ka ? : How are you ?
    • Hai, genki desu : I’m fine
    • Iie, genki dewa arimasen : It’s not good
  • Shitsurei shimasu : Excuse me
  • Sumimasen : Sorry
  • Mata ashita : See you tomorrow
  • Mata atode : See you
  • Sayonara : Good bye

Second, perkenalan …

Hajimemashite. Bagaimana kabar Anda hari ini?

Watashi wa Mikan desu. Saya adalah Mikan.

Doozo yoroshiku. Senang bertemu dengan Anda.

Hajimemashite : untuk memperkenalkan diri, biasanya dipakai pada waktu pertama kali bertemu atau berkenalan dengan seseorang, dalam bahasa Indonesia bisa dipadankan dengan ‘halo, apa kabar ?’

Watashi : saya (subyek orang pertama)

Wa : kata bantu subyek

Desu : kata kerja bantu, kata ini digunakan di akhir kalimat mengikuti kata benda atau kata sifat dan berfungsi sebagai penegas. Dalam bahasa Indonesia dapat dipadankan dengan kata ‘adalah’

Doozo yoroshiku : Bisa diartikan senang sekali bertemu dengan Anda

Third, salam-salam yang lain …

(AISATSU)

  • So desu ka ? oh begitu?
  • Wakarimasen tidak mengerti
  • Omedetoo gozaimasu selamat
  • Nomimasho mari minum
  • Oyasuminasai selamat tidur
  • Onegaishimasu tolong
  • Nan ji desu ka ? jam berapa ?
  • Taihen desu ne ! wah, capek/susah ya!
  • Ganbare ! semangat!
  • Tabemashoo mari makan
  • Zannen desu ne sayang ya
  • Itte irasshai saya berangkat
  • Doomo sumimasen maaf telah merepotkan
  • Okaerinasai saya pulang
  • Itadakimasu selamat makan
  • Mada wakaranai belum mengerti
  • Yomimashoo mari membaca
  • Moo ikkai onegaishimasu tolong sekali lagi
  • Itte kudasai pergilah
  • Kawaisoo ne kasihan ya
  • Gomen nasai maaf
  • Ikimashoo mari pergi
  • Gochisoo sama deshita terimakasih sesudah makan
  • Yukkuri shite kudasai tolong pelan-pelan
  • Osaki ni shitsureishimasu saya pulang duluan
  • Chotto matte kudasai tolong tunggu sebentar
  • Tadaima saya pulang
  • Yoroshii desu ka ? bolehkah?
  • Ganbatte kudasai selamat mengerjakan
  • Iie, wakarimasen tidak mengerti
  • Irashaimase selamat datang (saat masuk toko)
  • Yokoso irashaimashita selamat datang (kedatangan besar)
  • Kaite kudasai tulislah
  • Hayaku shite kudasai tolong cepat
  • Doko desu ka ? dimana?
  • Ikura  desu ka ? berapa?
  • Itte kimasu selamat berangkat
  • Owarimashoo selesai
  • Yasumimashoo istirahat
  • Mite kudasai tolong lihat/lihatlah
  • Kawaii desu ne lucu ya
  • Otanjoubi omedetoo gozaimasu selamat ulang tahun
  • Kiite kudasai tolong dengarkan
  • Kaerimasho mari pulang
  • Osoku natte sumimasen maaf saya terlambat
  • Moo ichido ittte kudasai tolong ucapkan sekali lagi
  • Komatta na! Payah ya
  • Hontou desu ka? Benarkah?
  • Doozo ogenkide mudah-mudahan sehat selalu
  • Dame desu mustahil/tidak boleh
  • Wakarimashitaka? Apakah Anda sudah paham?
  • Nan desu ka? Apa/bisa saya bantu?
  • Doo shimashitaka? Apa yang terjadi? Ada apa?
  • Moshi-moshi halo (waktu menelpon)
  • Doozo kochira e silakan kemari

Hal2 di atas tadi cuma salam-salam awal lhooo… Tapi biar cuma segitu manfaatnya cukup besar!

Jangan sampai ada orang Jepang bilang “Ohayou..” tapi kita malah jawab “Apaaah ??? Aku JELEK ???”

Wahahahaha…

Bisa dikira orang sinting tuh…

Oke deh segitu ajahh…

Kalo ada yang kurang mohon dimaafkan, kalo ada kelebihan jangan lupa dikembalikan… Buat yang udah bener2 jago Nihongo, mohon dikoreksi deh kalo ada yang salah… manusia kan tidak ada yang sempurna!

Bagi yang udah bantuin koreksi, makasih banyak yahh! N jangan lupa disampein! Jangan sampe nyampeinnya lewat doa ato telepati…

That’s not my skill…^^

Soalnya inih juga saya pelajari di sekolah dulu, jadi pasti banyak-banyak deh yang lupa… Dulu lupa, sekarang ngga inget!

Wkwkwkwkwk…

Komentar
  1. amx mengatakan:

    Good work, keep moving.. hah! ^^

  2. fana akbarkan mengatakan:

    bagus sekali blog nya….saya bisa banyak belajar bahasa jepang jadinya…

    terus di tambah ya perbendaharaan katanya…

    sayonara

  3. chemud mengatakan:

    heee..
    numpang ngintib iah..
    ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s